Manfaat tersembunyi buah kedondong untuk kesehatan

Manfaat tersembunyi buah kedondong untuk kesehatan - Hallo sahabat Selvia Tindige Blog, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat tersembunyi buah kedondong untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat tersembunyi buah kedondong untuk kesehatan
link : Manfaat tersembunyi buah kedondong untuk kesehatan

Baca juga


Manfaat tersembunyi buah kedondong untuk kesehatan

Kedondong dengan nama latin Spondias pinnata merupakan tanaman buah yang umumnya tumbuh di daerah tropis dan termasuk ke dalam  Angiospemae. Warna daunnya hijau dengan panjang daun 5-8 cm dan lebar 3-6 cm.  bunganya berbentuk malai ibu tangkainya mengadakan percabangan monopodial, warna bunga putih kekuningan. Buah kedondong mempunyai dinding lapisan dalam yang tebal, lunak, dan berair pada bagian kulit dalam ini yang dimakan bentuk buahnya lonjong.

buah kedondong segar
image by wikimedia.org

Di setiap Negara maupun daerah nama kedondong berbeda-beda. Di Asia Tenggara kedondong biasa disebut kedondong (Indonesia dan Malaysia), Hevi (Filipina), gway (Myanmar), Mokah (kamboja), kook kvaana (Laos), makak farang (Thailand), dan co�c (Vietnam). Di beberapa daerah di Indonesia nama kendondong juga berbeda kedundung (Madura), kacemcem (Bali), inci (Bima, NTT), karunrung (Makasar), dan dau kaci (Bugis)
Kedondong Bangkok, Kedondong kedeng, dan  kedondong karimunjawa  merupakan jenis unggul yang biasa ditanam petani. Kedondong Bangkok sudah banyak dibudidayakan untuk dijadikan tanaman buah dalam pot.

Tanaman kedondong mengandung asam amino, mineral, vitamin C, lemak, protein, serat, zat besi, fosfor, polisakarida, dan karotenoid mempunyai aktivitas anti mikroba yang baik untuk kesehatan.

Dari berbagai kandungan di atas didapatkan berbagai macam manfaat buah kedondong khususnya untuk kesehatan seperti: mengatasi anemia karena kandungan zat besinya, baik untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh karena kandungan vitamin C membantu proses peremajaan kulit dan juga vitamin C bisa melindungi molekul penting seperti protein, lemak, karbohidrat dan asam nukleat sehingga juga bersifat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas, racun dan polusi. Kaya akan serat sehingga dapat melancarkan fungsi saluran pencernaan, menambah energi dan Vitalitas tubuh karena  memiliki unsur gula dalam bentuk sukrosa, Kandungan lemak, protein dan karbohidrat dalam jumlah rendah bagus untuk yang sedang menjalani program diet dengan memakan buah kedondong yang masih muda.

Secara sederhana kedondong dapat digunakan untuk obat batuk, memang buah kedondong mempunyai biji yang berserat kasar dengan cabang dan orang sudah takut membayangkannya akan tersangkut di tenggorokan. Lalu, Bagaimana menggunakan kedondong untuk obat batuk? Caranya cukup mudah, gunakan 3 buah kedondong yang sudah dicuci bersih lalu parut dan peras airnya tanpa ditambahkan air. Berikan sedikit garam dan ramuan siap diminum 2 kali sehari.

Buah kedondong muda juga bermanfaat untuk membantu proses persalinan. Walaupun rasanya asam namun buah kedondong mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dapat diupayakan dengan mengatur pola makan sehat, tubuh sedikitnya memerlukan asupan buah dan sayur dalam porsi yang seimbang mengingat mobilitas gaya hidup sekarang yang super sibuk tidak ada salahnya menggunakan buah kedondong untuk membantu menjaga kesehatan.


Demikianlah Artikel Manfaat tersembunyi buah kedondong untuk kesehatan

Sekianlah artikel Manfaat tersembunyi buah kedondong untuk kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat tersembunyi buah kedondong untuk kesehatan dengan alamat link https://seviatindige.blogspot.com/2017/01/manfaat-tersembunyi-buah-kedondong.html

0 Response to "Manfaat tersembunyi buah kedondong untuk kesehatan"

Posting Komentar